Kamis, 05 April 2012

sebelum saya mencantumkan hal ini di sini saya berfikiran bahwa kelak saya akan menjadi "OB" namun setelah mempelajarinya lebih jauh lagi saya ssemakin yakin bahwa kedepanya memang akan menjadi ''OB" ngaco dech ngomongnya..
selamat membaca ini hanya sepenggal dari keseluruhan materi ini..


TATA  GRAHA

A PengertianHouse keeping (tata graha) pemeliharaan di rumah tangga
Housekeeping departement adalah bagian dari hotel,yang bertanggung jawab atas kebersihan,kerapian,kenyamanan, kenyamanan kamar,ruangan umum,restauran dan bar.
 
B.    Tugas bagian tata graha 
  1. Menciptakan suasana hotel yang bersih,menarik,nyaman dan aman 
  2. Memberikan pelayanan di kamar dengan sebaik baiknya kepada tamu,supaya tamu merasa puas saat berkunjung maupun menginap di hotel 
  3. Penyiapan,penataan dan pemeliharaan kamar kamar 
  4. Bertanggung jawab atas pemeliharaan kebersihan seluruh outlet dan ruangan umum hotel
C.    Sasaran
Beberapa sasaran tata graha alah sebagaiberikt:
 
  1.  Bersih tenang sanitasi dan higiene terjamin
  2.  Menarik kebersihan perlengkapan dan dekorasi
  3.  Nyaman lingkungan dan ruangan suatu hal yang bersih,menarik,tenang dengan pelayanan yang memuaskan akan membuat tamu dan pengunjung merasa nyaman dan betah tinggal
  4.   Aman keamanan tamu berkunjung atau menginap dihotel meliputi pribadi dari kecurian,kebakaran,dan bahaya dari peralatan hotel.
D.    Hubungan tata graha dengan bagian lain 
  1. Hub tata graha dengan kantor depan hubungannya dapat dibagi 2yaitu:
a.    Dai pihak ata graha
b.    Dari pihak kantor depan
Adalah (a) dari pihak tata graha dilakukan hal hal sebagai yaitu: 
Laporan status kamar
Tata graha melaporkan pada kantor depan tentang status kamar penting karena kanntor depan ka tau megnai kamar amar yang dapat disewakan,kamar bersihya elum bersih,yang rusak,dan kamar yang sedang general cleaning.lapoan dikirimkan taa graha pad pukul 08.00 sampai 15.00 ke kantor depan 
  1. Laporan mengenai kehilana barang2 milik hotel yang dibawa tamu 
  2. Lporan mengenai penemuan2 barang2 milik tamu yang tertinggal ikamar sesdah tamu berangkat.
Adalah (b) dari pihak kantor depan meliputi hal hal berikut:
•    Kantor deapan memberi informasi kepada tata graha ada tamu cek in
•    Mengirimkan daaftar penghuni kamar setiap pagi
•    Mengirimdaftar kamar2 yang akan ditempati oleh tamu:
a.    Tamu perorangan
b.    Tamu rombongan
c.    Tau penting
•    Mamberi tahu kepada tata graha mengenai kamar2 yang ramunya sdh cek out sehingga kamar dapat dibersihkan
•    Memberikan guest slip agar tata graha atau tamu yang baatru masuk
•    Memberikan kebutuhan tambahan untuk tamu misalnya: ekstra bad baby box,dan tambahan kursi
•    Memberitahukan perpindahan tamu dari kamar yang satu ke kamar yang lain.
 
PERBEDAAN STATUS KAMAR DAPAT TERJADI KARENA HAL HAL BERIKUT:
1.    Tamu telah membayar rekening tetapi barang barangnya dan kpernya masih ada di kamar
2.    Tamu blum membayar rekening tetapi sudah meninggalkan kamar
3.    Tamu yang cek in tanpa membawa koper atau barang apapun ke kamar
 
Hubungan tata graha dengan benatu(loundry)
Hubungan kerja antara bagian tata graha dengan binatu meliputi pencucian pakaian tamu,pakayan karyawan,dan pencucian linen yang ada di pakai oleh bagian tata graha,penangnan keluhan tamu pada cucian: 
  1.  Cucian kurang bersih 
  2.  Cucian bernoda 
  3. Cucisn hilang atau rusak 
  4. Cucian tertukar
Hubungan tata graha dengan bagian pembelian(purchasing)
Mengenai pembelian dan penyimpanan barabg2 yang dibutuhkan oleh tata graha seperti:alat2 pembersih,obat pembersih,perlengkapan tamu,linen2 untuk tata graha dan alat2 penunjang operasional
Hubungan tata graha dengan engineering meliputi hal2 berikut:  Perbaikan dan pemeliharaan alat2
 
Hubungan tatagraha dengan bagian keamanan meliputi: 
  1.    Pengawasan oleh pihak keamanan pada area2 tata graha misalya: koridor,tempat tugas,dan kantor tata graha 
  2. Keamann barang2 milik tamu dan keselamTAn tamu.
Hubungan tata graha dengan bagian kepegawaian meliputi: 
  • Pengadaan tenaga 
  •  Pengangkatan pegawai 
  • Pelatihan pegawai 
  • PHK 
  • Cuti karyawan 
  • Surat peringatan untuk pegawai 
  • Pembayaran gaji dan lembur karyawan.
Seksi kebersihan umum(houseman section)
1.    Tugas dab tanggung jawab
•    Pelayanan kebersihan dan perawatan mennjadi tugas utama houseman creuw,chief houseman bertanggung jwab di houseman section
•    Tugas sehari2 houseman section ddibagi tiga shief dan tiap2 shift dipimpin oleh seorang group leader yang bertanggung jawab atas tugas tiap shift ssesuai dengan jadwal dan dan area yang menjadi tanggung jawabnya dengan jadwal sebagai berikut:
a.    Shift A: 08.00-15.00
b.    Shift B: 15.00-23.00
c.    Shift C: 23.00-08.00
d.    Tugas shift A dan B bembersihkan debu,kaca,meja hias,membuang sampah dan membersihkan toilet
e.    Tugas shift C melaksanakan general cleaning
2.    Pembagian tugas
•    Tugas houseman 
  1. Kelompok kerja pagi 
  2.  Klompok kerja sore
a.    Menjaga dan melanjutkan tugas rutin kelompok kerja pagi
b.    Meneruskan tugas kelompok kerja pagi yang belum terselesaikan
c.    Setelah jam kerja usai membersikhan dan merapikan seluruh kantor menejemen
d.    Mengontrol krbersihan lobi,asbak dn tempat sampah 
 

    3. Klompok kerja malam
a.    Pembersihan tangga,gang dan dinding lobi
b.    Pembersihan ruang rapat,bila telah selesai dan pembersihan bila pesta telah selesai
c.    Pembersihan ruang loker karyawan
 
Jenis2 alat pembersih(cleaning equipment)
1.    Sapu(aweeping)
Digunakan untuk menyapu debu atau sampah pada permukaan lantai dan anak tangga
 
2.    Sikat(brush)
•    Gunanya untuk melepaskan sampah pada permukaan lantai macam sikat terbagi:
a.    Sikat tangan: digunakan untuk menyikat dinding dan lantai kamar mandi
b.    Round head brush= yaitu alat pembersih berupa sikat berbentuk bulat bertangkai panjang digunakan untuk membersihkan langit langit
c.    Toilet bowl stick brush= berguna untuk membersihkan dan menyikat cekungan jamban
 
3.    MOP
Mop adalah alat pembersih untuk mengepel lantai yang terdiri atas gagang dan jepitan kain pel.cara pengepelan dari sudut bagian dalam ke arah pintu
 
4.Penampungan: yaitu alat untuk menampung air,debu dan kotoran lainya maupun obat pembersih.terdiri atas:
a.  Dust pan digunakan untuk mengumpulkan debu atau sampah
b.  Ember digunakan untuk menapung air obat pembersih dan menampung air kotoran setelah mengepel.
 
5.    Floor cleaning machine(polisher machine)
Digunakan untuk menyikat atau memoles lantai sehingga tampak bersih dan mengkilat
 
6.    Carpet wasing machine
Alat ini merupakan pembersih khusus yang digunakan untuk mencuci carpet.alat ini dilengkapi dengan roll brush yang berguna untuk menyikat permukaan karpet.juga dilengkapi dengan motor penggerak,gagang,penampung dan pengatur semprotan pengeringan karpet yang dicuci dapat dipercpat dengan menggunakan blower.
 
7.    Wiper
Yaitu alat pembersih yag digunakan nuntuk membersihkan kaca.alat ini alat ini terbuat dari karet yang dijepit oleh plat dan diberikan gagang pendek atau panjang.ipwr digunakan untuk menarik debu ke bawah dan obat pembersih kaca(glass cleaner) pada permukaan kaca jendela atau kaca pintu.
 
8.    Scouring pad
Yaitu alat penggosok yang terbuat dari spon dan merupakan alat bantu dalam membersihkan peralatan yang terbuat dari logam,porselen,dengan menggunakan bubuk atau cairan pembersih.setelah obat pembersih ditaburkan atau dituangkan permukaan yang akan dibersihkan digosok selanjutnya dibilas.
 
9.    Floor squeezer
Yaitu alat pembersih yang digunakan untuk menekan dan menarik  genangan air berupa air kotor atau air pembilas pada permukaan yang akan dibersihkan,digosok selanjutnya dibilas
 
10.    Bottel sprayer
Merupakan alat bantu untuk mnyemprotkan obat pembersih(glass cleaner)
Sewaktu membersihkan kaca
 
11.    Vacuum cleaner
Yaitu alat penyedot debu pada karpet atau lantai,alat ini terdiri atas mesin penyedot,selang penyedot dan mulut penyedot,umumnya dilengkapi dengan kabel panjang dan roda untuk memudahkan ketika membersihkan.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar